Jumat, Januari 25, 2008

Perjuangan belum menapaki ujung

ujian akhir semester tinggal satu hari lagi. wah,,,sudah ada persaan lega mengingat segala "keterpaksaan" dalam belajar sudah tidak ada lagi. fikiran ini mulai mencari celah untuk menjadi fresh kembali. seola-olah perjuangan instan dalam menghadapi ujian harus dihargai sebagai sebuah perjuangan sejati.
tadi sehabis ujian ada rapat di sekretariat tercinta, ukmd Azif. antusias sekali, karena selama 2 minggu ujian belum pernah menjamahi ruangan itu, dan bertemu dengan saudara-saudara yang lain. acara dibuka seperti biasa. taushiah diberikan oleh sang ketum, yang menguliti segala bentuk kemunafikan dalam kata perjuangan. beliau mengataka bahwa ada tragedi soal bocor waktu ujian, fikiranku langsung dengan cepat tau arah pembicaraan, karena hal itu terjadi di lokalku, karena sang ketum selokal denganku. ya, dalam mata kuliah ski soal bocor. aku baru menyadarinya sekarang. aku biang keroknya, aku yang menyebarkan soal bocor itu. aku mendapatkannya dari bang irsyad yang juga tak memikirkan bahwa itu adalah bocoran soal. namun ternyata gambaran yang beliau berikan persis sama dengan soal yang keluar. bodohnya aku, aku dengan segala keluguan mengistilahkannya dengan kisi-kisi soal. astaghfirullah...
dari sekian banyak mata kuliah yang diujikan, ujian kejujuran memang jauh lebih berat.
akhirnya, Allah mengetahui semua niat, kepadaNya jua segala urusan dikembalikan dan dipertanggung jawabkan.

Tidak ada komentar: