Senin, September 08, 2008

Apa?

Apa yang berbeda dari diri kita pada Ramadhan? pola makan yang berubah agak teratur? shalat subuh yang lebih sering tepat waktu karena sahur? sebagian barangkali jawabannya ya, terkadang pola makan juga menjadi lebih berselera karena rasa lapar yang sudah seharian ditahan. terkadang adzan subuh sangat ditunggu-tunggu kedatangannya karena pengen buru-buru tidur lagi sebelum siang menjelang.
apa yang berbeda dengan rumah kita pada Ramadhan? agak rapi? Radio dan Televisi yang selalu nyala pada jam-jam mendekati berbuka? terkadang terjadi hiruk-pikuk kecil karena keterlambatan menghidangkan hidangan berbuka sementara Radio sudah komat kamit menyatakan waktu beruka sebentar lagi saja.
apa yang berbeda dengan lingkungan kita pada ramadhan? lebih religius? terkadang ada sapaan-sapaan bertema ta'jilan, kapan beli baju lebaran, nanti ikut tarawih atau nggak, atau ramenya orang disepanjang jalan menuju lokasi "pasa Pabukoan"
apa yang berbeda dengan media kita pada Ramadhan ? lebih religius? semua orang mendadak islamy? semua sinetron bertemakan Islam, padahal yang berganti cuma nama, dan judul. yang main tetap begitu juga dengan alur cerita yang begitu-gitu juga. bedanya cuma jilbab dengan tidak jilbab. iklan-iklan makanan, dan perlengkapan menjelang iduk fitri dan lain lain
apa yang berbeda dengan jiwa kita, iman kita pada Ramadhan? makan hati karena menahan amarah? tenang karena lebih fokus ibadah? terkadang ada rasa jemu kapan ini berakhir, hati lain menyatakan ingin selalu begini, karena tenang dengan damainya ramadhan.
apa yang terjadi pada semuanya ketika Ramadhan telah meninggalkan kita?
hanya Allah yang tau

semoga subuh lebih bisa dinikmati di awal waktunya
semoga segala amarah bisa berganti dengan cahaya kesabaran
semoga keteraturan dan kesederhanaan tetap melengkapi hari-hari
semoga ada perubahan baik yang berkelanjutan pada ramadhan kali ini

Tidak ada komentar: